Rekonsiliasi SIMAK dan persediaan Semester II TA 2020 dalam rangka penyusunan laporan keuangan yang akuntabel di Universitas Brawijaya.

Kegiatan Rekonsiliasi SIMAK dan persediaan Semester II TA 2019 dalam rangka penyusunan laporan keuangan yang akuntabel di Universitas Brawijaya dilakukan pada tanggal 9-10 Januari 2020 di Royal Orchids Garden Hotel & Condominiums Batu. Acara dihadiri oleh Tim Bagian Akuntansi sebagai panitia, dan operator SIMAK dan Persediaan serta Kasubbag. Umum unit kerja dilingkungan Universitas Brawijaya sebagai peserta. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk melakukan inputan aset dalam aplikasi SIMAK-BMN dan Aplikasi Persediaan dan juga untuk melakukan rekonsiliasi antara belanja modal dengan hasil inputan aset dalam aplikasi SIMAK-BMN dan Aplikasi Persediaan. Hasil rekonsiliasi SIMAK-BMN dan Persediaan ini akan digunakan sebagai bahan rekonsiliasi SIMAK-BMN dengan Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA).

Acara dibuka oleh Kepala biro keuangan Drs. Sagiya didampingi kepala bagian akuntansi Ach. Murtadho HA, SE, Ak. Dalam pembukaan kepala bagian akuntansi menyampaikan bahwa Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan minimnya jumlah catatan dalam management letter menjadi target dalam audit Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2019. Ditahun 2019 juga telah dilakukan normalisasi atas nilai buku minus pada catatan SIMAK-BMN dan juga telah dilakukan penghapusan pencatatan aset yang telah dilelang melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Selain itu kabag. Akuntansi juga menyampaikan beberapa catatan management letter laporan keuangan 2018 agar tidak terulang di management letter laporan keuangan 2019.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *